loading...
Review jurnal pembelajaran merupakan halaman yang akan membahas dan sedikit mereview jurnal-jurnal yang tekait dengan evaluasi pembelajaran maupun pembelajaran secara umum. Pada kesempatan ini kita akan mencoba sedikit mereview jurnal "Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi" yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW. Pada jurnal ini ditemukan media pembelajaran yang diciptakan oleh Luhsasi & Sadjiarto layak digunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan dilanjutkan untuk membaca rincian dibawah ini.
Judul :
Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa
Penulis :
Luhsasi, D., I., & Sadjiarto, A.,
Tahun Terbit :
Tidak ditemukan
Jurnal :
Tidak ditemukan
Abstrak :
"...This study starts from the problem of the using of technology-based learning media. Nowadays, this media more needed. Why? Because students more like learn using the technology than using the conventional method. But the utilization of economic-accounting learning media not being used optimally. There are economic-accounting learning media on YouTube have no interesting content. Contents that show on YouTube are about the hobby and art. So, the aim of this study is to know the properness of technology-based learning media development on YouTube. The subjects of this study are 2 expert test subjects and 24 trial test subjects. Trial test subjects are students of Economic Education FKIP UKSW. The result of this study is technology-based learning media can be used by students. This media proper as economic-accounting’s learning media. Hopefully, in the future studies can be able to improve the economic-accounting learning media on YouTube..."Pendahuluan :
Bagian pendahuluan artikel ini menjelaskan bahwa remaja saat ini kurang meminati media pembelajaran tradisional. Kemudian penulisan diarahkan menuju media pembelajaran yang modern khususnya adalah penggunaan youtube sebagai media pembelajaran kekinian. Disampaikan juga dampak youtube terhadap pembelajaran diluar makul atau mapel ekonomi. Selanjutnya penulis mengarahkan kebaruan dari tulisannya yang menyatakan bahwa belum ada yang membuat video pembelajaran ekonomi sehingga penulis membuat artikel ini.
Metode Penelitian :
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D "research and development". Dengan subjek penelitian adalah 24 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW.
Hasil :
Penelitian ini berhasil membuat video pembelajaran yang dinilai efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada pembahasan penelitian ini dilakukan dengan membahas Tahap Studi Pendahuluan, Tahap Penyusunan Draf Produk, Tahap Pengembangan dan Evaluasi.
Kesimpulan :
Pada artikel ini memberikan kesimpulan sesuai hasil penelitian yaitu media pembelajaran yang diciptakan layak untuk digunakan. Selain itu pada kesimpulan juga dimuat keterbatasan dari penelitian ini meliputi kurangnya alat perekaman, kualitas gambar dan suara kurang maksimal, & materi yang disajikan hanya
terbatas pada satu kompetensi dasar saja.
Kekurangan :
Kekurangan dari artikel dan penelitian ini adalah :
- Tidak mencantumkan nama jurnal maupun volume
- Tahun penerbitan tidak ditemukan.
- Judul utama tentang "Youtube" sebagai media pembelajaran namun yang dibahas lebih fokus pada pengembangan video pembelajaran ekonomi.
- Pengembangan media pembelajaran menggunakan KD 3.2 untuk SMA kelas XII “Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi” sedangkan judul penelitian dan subjek uji coba digunakan adalah mahasiswa.
- Pada akhir kesimpulan dinyatakan terdapat kekurangan kualitas gambar dan suara kurang maksimal karena hanya menggunakan "HP" untuk merekam tapi kenapa hasil media ini dinyatakan layak. Hal ini kontras dengan hasil uji coba media yang menyatakan desain dan tampilan dinyatakan baik.
- Tidak ada part yang khusus membahas kajian literaturnya.
- Beberapa pernyataan dalam artikel kurang kuat karena hanya didukung oleh satu dan maksimal dua peneliti saja.
Kelebihan :
Kelebihan dari artikel dan penelitian ini adalah :
- Dalam artikel ini dapat menyampaikan pendapatnya dengan dukungan peneliti lain walaupun kurang kuat.
- Penelitian ini diukur dari hasil uji pakar dan uji coba.
- Kreatifitas peneliti yang menyusun sebuah video pembelajaran ekonomi
Reference:
- Luhsasi, D., I., & Sadjiarto, A., (-), Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa, Jurnal -, Vol.- No.-, Hal.(-)-(-)
Nah itu dia review jurnal evaluasi pembelajaran kali ini, silahkan nantikan untuk review jurnal lainnya dan JIKA ingin Request review jurnal dengan tema evaluasi pembelajaran atau yang lainnya, silahkan tinggalkan komen dibawah.
Link menuju jurnal :
loading...
0 Komentar untuk "Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi || Review Jurnal Evaluasi Pembelajaran"