loading...
Surplus konsumen adalah perbedaan antara
jumlah maksimum yang bersedia dibayar konsumen untuk sebuah barang dengan
jumlah sebenarnya yang dibayar konsumen.
Harga maksimum konsumen
akan bersedia membayar jumlah yang diberikan adalah jumlah dari harga maksimum
ia akan bersedia membayar untuk unit pertama, harga tambahan maksimum ia akan
bersedia membayar untuk unit kedua, dll Biasanya harga ini mengalami penurunan,
dalam hal bahwa mereka diberikan oleh individu kurva permintaan . Jika harga
ini adalah yang pertama meningkat dan kemudian menurun mungkin ada jumlah nol
dengan nol surplus konsumen. Konsumen tidak akan membeli jumlah yang lebih
besar dari nol dan lebih kecil dari jumlah ini karena surplus konsumen akan
negatif. Harga tambahan maksimum konsumen akan bersedia membayar untuk setiap
unit tambahan juga dapat alternatingly menjadi tinggi dan rendah, misalnya jika
dia ingin bahkan jumlah unit, seperti dalam kasus tiket ia menggunakan di
pasang pada tanggal. Nilai-nilai yang lebih rendah tidak muncul dalam kurva
permintaan karena mereka sesuai dengan jumlah konsumen tidak membeli, terlepas
dari harga. Untuk harga yang diberikan konsumen membeli jumlah yang surplus
konsumen tertinggi.
Misalnya, seorang
mahasiswa bersedia membayar $13 untuk karcis konser rock, walaupun dia
seharusnya hanya membayar $12. Sisa $1 adalah surplus konsumennya. Bila kita
menjumlahkan surplus konsumen dari semua konsumen yang membeli suatu barang,
kita akan memperoleh ukuran surplus konsumen agregat.
Surplus Konsumen agregat
'adalah jumlah surplus konsumen untuk masing-masing individu konsumen. Hal ini
dapat diwakili pada sosok kurva permintaan agregat.
Fungsi permintaan P =
f(Q) menunjukkan jumlah sesuatu barang yang akan dibeli oleh konsumen pada
tingkat harga tertentu.
Jika tingkat harga pasar
adalah Pe, maka bagi konsumen tertentu yang sebetulnya mampu dan bersedia
membayar dengan harga lebih tinggi dari Pe hal ini merupakan keuntungan
baginya, sebab ia cukup membayar barang tadi dengan harga Pe. Keuntungan lebih
semacam inilah yang oleh Alfred Marshall disebut surplus konsumen.
Sebelumnya || e-Bisnis || Selanjutnya>>
Mohon dukungannya yaa, untuk artikel terbaru kami
* Mulai dari hal kecil : Satu Klik Saja Akan Sangat Membantu
Nda usah repot copas....
Mau download? Linknya ada dihalaman terakhir
Mau download? Linknya ada dihalaman terakhir
loading...
0 Komentar untuk "Surplus Konsumen || Surplus Produsen dan Surplus Konsumen || Part 4 ||"